15 Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami dan Efektif 2019

19 views

Murahmeriah.net – Secara alamiah, rambut manusia akan mengalami kerontokan antara 50 hingga 100 helai per harinya. Namun, jika kerontokan rambut terjadi dengan berlebihan dan berkelanjutan, maka masalah ini akan cukup mencemaskan. Jika mengalami kondisi tersebut, maka harus mencari cara mengatasi rambut rontok.

Memang, rambut memiliki jumlah jutaan atau hingga miliaran helai di kepala, namun, jika terus menerus mengalami kerontokan, maka lama kelamaan rambut dapat menipis ataupun mengalami kebotakan.

Kerontokan rambut secara psikologis juga sangat buruk bagi manusia, khususnya dalam kepercayaan diri pada kaum hawa maupun pria. Bagaimana cara mengatasi rambut rontok yang paling baik?

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum ke cara mengatasi rambut rontok, terlebih dahulu ketahui apa saja penyebab rambut rontok, untuk memudahkan Anda dalam pengobatannya. Rambut rontok biasanya disebabkan satu atau beberapa faktor berikut ini:

1. Keturunan

Penyebab rambut rontok yang paling sering adalah karena turun-temurun atau dari riwayat keluarga yang disebut kebotakan pola pria atau kebotakan pola wanita. Rambut rontok terjadi secara bertahap dengan penuaan dan dalam pola yang dapat diprediksi, seperti garis rambut mundur dan botak pada pria dan penipisan rambut pada wanita.

2. Obat dan Suplemen

Rambut rontok juga dapat disebabkan karena efek samping obat-obatan tertentu, seperti yang digunakan untuk pengobatan kanker, masalah jantung, depresi, radang sendi, tekanan darah tinggi dan asam urat.

3. Perubahan Hormon dan Kondisi Medis

Berbagai kondisi dapat menjadi penyebab rambut rontok permanen atau sementara, seperti perubahan hormon karena kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid.

Sementara kondisi medis seperti alopecia areata, yang menyebabkan kerontokan rambut, infeksi kulit kepala seperti kurap dan trichotillomania atau gangguan mental di mana penderitanya menarik rambut sendiri.

4. Terapi Radiasi ke Kepala

Terapi yang satu ini juga dapat menyebabkan rambut rontok. Bahkan rambut mungkin tidak akan tumbuh kembali seperti sebelumnya.

5. Styling dan Perawatan Rambut Tertentu

Gaya rambut atau hair styling yang berlebihan atau styling yang menarik rambut kencang, seperti kuncir, dapat menjadi penyebab rambut rontok yang disebut traction alopecia.

Sementara perawatan rambut dan penggunaan minyak panas dapat mengakibatkan radang folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok. Jika mengalami jaringan parut pada kulit kepala, mungkin rambut rontok dapat bersifat permanen. Mengurangi perawatan rambut ini juga bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok.

6. Peristiwa yang Sangat Menegangkan

Kebanyakan orang mengalami penipisan rambut selama beberapa bulan setelah mengalami peristiwa yang menimbulkan guncangan fisik atau emosional. Tetapi, jenis rambut rontok ini hanya bersifat sementara.

Baca juga: 10 Penyebab Rambut Rontok yang Tidak Anda Sadari

Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Alami

Jika mengalami rambut rontok yang mengganggu penampilan, Anda bisa mencoba berbagai cara mengatasi rambut rontok secara alami berikut ini:

1. Terapi Santan

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah dengan menggunakan terapi santan kelapa selama dua kali dalam seminggu. Santan diketahui memiliki beberapa nutrisi penting  untuk kesehatan rambut, seperti zat besi, kalium dan asam lemak.

Santan kelapa dilumurkan pada rambut secara menyeluruh hingga menyentuh kulit kepala, pijatlah kepala, dan kemudian diamkan selama beberapa jam sehari. Setelah itu Anda dapat membilas rambut dengan air hangat dan berkeramas seperti biasa.

2. Lidah Buaya

Anda mungkin sudah tahu bahwa lidah buaya telah lama digunakan untuk perawatan rambut, termasuk digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok.

Lidah buaya juga dapat menenangkan kulit kepala, mengurangi ketombe dan membuka folikel rambut yang tersumbat minyak berlebih.

Gel lidah buaya segar bisa Anda oleskan ke kulit kepala dan rambut sebanyak beberapa kali per minggu. Jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

3. Ginseng

Menggunakan suplemen ginseng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. Ginsenosides adalah komponen aktif dalam ginseng dan dipercaya dapat menyehatkan rambut. Selalu gunakan ginseng sesuai petunjuk dan pastikan untuk memeriksa kemungkinan efek sampingnya.

4. Jus Bawang

Meski aroma bawang menyengat dan menyebabkan perih di mata, ternyata bawang yang dibuat jus memiliki manfaat untuk mengatasi masalah rambut. Salah satunya manfaat bawang dapat mengobati alopecia areata, rambut rontok karena sistem imun menyerang sel sehat. Jus bawang juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Uji manfaat jus bawang telah dilakukan pada hewan yang menunjukkan peningkatan faktor pertumbuhan keratin dan aliran darah ke kutikula.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan bawang?

Anda bisa membuat jus dari bawang dan menyaringnya hingga menghasilkan air bawang. Oleskanlah air bawang tersebut ke kulit kepala dan rambut, lalu biarkan selama setidaknya 15 menit. Kemudian keramas seperti biasa.

5. Lemon

Cara mengatasi rambut rontok dapat menggunakan jus lemon segar atau minyak lemon, karena konon dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut.

Minyak lemon dapat membantu menjaga kulit kepala sehat dan membantu pertumbuhan rambut. Oleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut selama 15 menit, kemudian keramas. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lemon yang dilarutkan dalam minyak pembawa sebagai masker rambut.

6.  Minyak Rosemary

Rosemary adalah minyak esensial yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Minyak rosemary mampu merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat digunakan untuk mengobati alopesia androgenetik – folikel rambut yang rentan terhadap androgen.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami menggunakan minyak rosemary cukup mudah, campurkanlah beberapa tetes minyak rosemary ke dalam minyak pembawa (minyak zaitun, jojoba atau minyak kelapa) dan pijatkan ke rambut dan kulit kepala, tunggu beberapa saat, dan kemudian dibilas.

Lakukan tips ini beberapa kali per minggu. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo dan kondisioner setiap hari. Ingat, jangan menggunakan minyak esensial langsung pada kulit. Selalu campur minyak rosemary dengan minyak pembawa atau sampo.

7. Minyak Zaitun dan Madu

Tidak hanya sebagai minyak pembawa untuk rambut, minyak zaitun juga bisa dijadikan cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Anda hanya perlu mencampurkan lima sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan madu, kemudian aduk hingga merata. Campuran ini dapat dilumurkan ke seluruh rambut atau kulit kepala, diamkan rambut sekitar 15 menit sambil ditutupi dengan shower cap atau handuk, kemudian bilas sampai bersih.

Anda dapat menggunakan vitamin rambut rontok alami ini setidaknya seminggu sekali.

8. Minyak Kelapa

Sama seperti minyak zaitun, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada rambut sambil dipijatkan pada kulit kepala dan diamkan selama sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum keramas.

9. Minyak Ikan

Mengonsumsi asam lemak omega dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam, karena dipenuhi dengan nutrisi dan protein. Mengambil suplemen omega, bersama dengan antioksidan membantu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut. Ini juga mengurangi kerontokan rambut.

Asam lemak omega dapat membantu sel-sel berfungsi dengan benar dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yang menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

10. Masker Telur

Telur adalah salah satu obat yang telah lama dijadikan cara mengatasi rambut rontok secara alami. Putih telur memiliki sifat restoratif, yang memiliki kandungan nutrisi tinggi, seperti yodium, selenium, fosfor, besi, sulfur dan zinc melimpah, yang dapat menumbuhkan kembali rambut rontok, rambut berkilau, lebih lembut, dan lebih sehat.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami ini cukup mudah, Anda hanya harus memisahkan kuning dan putih telur. Gunakanlah putih telur sebagai masker pada rambut, biarkan hingga mengering, kemudian keramas seperti biasa. Anda bisa menggunakan vitamin rambut rontok alami ini hingga rambut tidak rontok lagi.

11. Jus Kentang

Rambut rontok dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Jika rambut kering, patah atau menipis, Anda bisa mencoba jus kentang. Jenis umbi-umbian ini sangat kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C, yang bisa dijadikan vitamin rambut rontok. Kentang juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, niacin, dan mangan.

Kentang yang sudah dibuat jus bisa langsung dioleskan pada kulit kepala, yang memberikan nutrisi ke folikel rambut untuk mencegah rambut kering dan botak prematur.

12. Teh Hijau

Ekstrak yang dibuat dari senyawa dalam teh hijau dapat membantu berbagai masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Senyawa ini disebut EGCG (Epigallocatechin gallate) yang membantu pertumbuhan rambut.

Manfaat teh hijau untuk rambut rontok telah dibuktikan melalui penelitian. Riset dilakukan dengan melihat perbedaan ketika ekstrak teh hijau diterapkan pada tikus botak selama 6 bulan.

Tetapi, ini belum diuji pada manusia. Gunakanlah suplemen teh hijau dengan hati-hati, karena beberapa suplemen mengandung senyawa lain yang bisa membuat Anda sakit.

13. Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung tembaga, merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Tembaga dapat memastikan fungsi zat besi, kalsium, dan magnesium dalam tubuh manusia.

Mengonsumsi kacang hijau dapat menyuplai kembali tembaga yang diperlukan oleh tubuh. Ini memastikan bahwa zat besi melakukan fungsinya secara efisien. Suplai oksigen yang tepat ke otak juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala, membuat rambut berkilau, panjang, kuat, dan tebal.

Anda juga bisa membuat masker rambut kacang hijau di rumah, caranya dengan menghaluskan kacang hijau menjadi pasta. Oleskanlah pada rambut dan kulit kepala, biarkan  mengering, kemudian bersihkan dengan air bersih.

14. Pijat Kepala dengan Minyak

Memijat kulit kepala dapat membantu mengembalikan pertumbuhan rambut dan dapat digunakan bersamaan dengan minyak dan masker rambut. Cara mengatasi rambut rontok secara alami ini bisa merangsang kulit kepala dan dapat meningkatkan ketebalan rambut.

Meluangkan waktu untuk memijat kulit kepala Anda setiap hari juga dapat membantu menghilangkan stres dan ketegangan. Diperkirakan bahwa kekuatan peregangan selama pijatan bisa mendorong pertumbuhan dan ketebalan rambut di sel papila dermal.

15. Asam Amino

Adalah zat penting untuk protein, yang membantu tubuh berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa asam amino, seperti sistein dan L-lisin, berperan khusus sebagai vitamin rambut rontok dan dapat menjaga rambut tetap sehat.

Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen asam amino, cukup melakukan diet sehat untuk mendapatkan banyak asam amino. Sumber makanan yang baik untuk mendapatkan asam amino, termasuk ikan, keju cottage, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging.

Baca juga: Rambut Rontok: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Makanan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Rambut Rontok

Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari agar rambut rontok tidak semakin parah, di antaranya:

1. Gula

Gula dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, resistensi insulin, meningkatkan dihydrotestosterone (DHT) dan menyebabkan peradangan, yang semuanya dapat menyebabkan kerontokan rambut.

2. Makanan Olahan

Makanan yang diproses biasanya mengandung lemak, gula, dan natrium yang tidak sehat sehingga sangat kontraproduktif bagi pertumbuhan rambut yang sehat.

3. Asam Lemak Trans

Lemak tidak sehat seperti asam lemak trans telah terbukti dapat meningkatkan peradangan dan produksi DHT, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Jadi, hindari minyak terhidrogenasi seperti minyak jagung dan minyak kedelai, yang penuh dengan lemak trans.

4. Kafein

Minum minuman berkafein dalam jumlah sedikit, seperti kopi dan teh organik dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut, tetapi jika terlalu banyak kafein dapat menyebabkan dehidrasi, ketidakseimbangan hormon, dan bahkan produksi DHT, yang tentu dapat menyebabkan kerontokan rambut.

5. Alkohol

Terlalu  banyak minum alkohol juga dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan keracunan hati, yang pada akhirnya mengakibatkan rambut rontok. Jadi, batasi konsumsi alkohol.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan ini tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Misalnya burger atau kentang goreng yang menyebabkan kulit kepala berminyak. Kondisi ini dapat menyumbat pori-pori kulit kepala dan menyebabkan rambut rontok.

7. Diet Soda

Meski diet coke atau diet minuman bersoda dipercaya bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak bagus untuk kesehatan rambut.

Biasanya minuman bersoda menggunakan pemanis buatan, khususnya yang bernama Aspartame. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), aspartame dapat menyebabkan kerontokan dan penipisan rambut, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga: 3 Pose Yoga yang Bermanfaat untuk Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mencegah Rambut Rontok

Anda bisa mencoba beberapa tips menjaga kebersihan rambut agar rambut Anda tidak mudah rontok, berikut di antaranya.

1. Hindari Hair Style yang Menarik Rambut

Rambut fleksibel, tetapi penelitian menunjukkan bahwa rambut hanya dapat direntangkan sebelum menjadi rusak permanen. Gaya rambut seperti kuncir kuda dan kepang yang ketat dapat menarik rambut dari kulit kepala, yang melonggarkan kekuatan rambut dan kulit kepala dari waktu ke waktu.

Jadi, cara mencegah rambut rontok dengan mamastikan rambut tidak tertarik atau biarkan terurai.

2. Hindari Penggunaan Alat Penata Rambut yang Terlalu Panas

Menggunakan suhu panas, seperti hair dryer atau catok untuk gaya rambut ternyata dapat menyebabkan folikel rambut dehidrasi dan rentan terhadap kerusakan. Kedua alat tersebut dapat merusak rambut Anda dari waktu ke waktu.

3. Jangan Merawat atau Mewarnai Rambut secara Kimia

Bahan kimia untuk perawatan rambut dapat menyebabkan kerusakan secara tiba-tiba dan tidak dapat dicegah pada folikel rambut. Jika khawatir mengalami kerontokan, ikuti cara mencegah rambut rontok dengan menghindari penggunaan pewarna rambut, highlight, perawatan peroksida, dan perm.

4. Gunakan Sampo yang Ringan dan Cocok untuk Rambut Anda

Tujuan sampo adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Tetapi banyak sampo komersial mengandung bahan-bahan kasar. Setelah satu kali digunakan, sampo tersebut dapat mengupas rambut dari minyak alami dan asam lemak yang membuatnya kuat dan lentur.

Perhatikan bahan baku sampo pada kemasan sebelum Anda membelinya, pilihlah yang menggunakan bahan alami. Gunakanlah produk ketika mengalami rambut rontok berlebih.

5. Gunakan Sisir Lembut yang Terbuat dari Serat Alami

Menggunakan sisir lembut dengan serat yang alami akan meningkatkan kadar sebum (minyak) yang sehat pada rambut. Protein keratin di rambut dapat menumpuk pada sisir, jadi sisirlah dengan lembut ke satu arah, mulai dari atas dan terus sampai ke ujungnya.

Cara mencegah rambut rontok ini akan membantu menghaluskan dan mengkondisikan kutikula rambut pada tingkat molekuler. Menyisir rambut setiap hari juga dapat membantu Anda mencegah rambut rontok.

Nah, itulah cara mengatasi rambut rontok secara alami hingga pencegahannya. Tetapi, selalu konsultasikan dengan dokter tentang kondisi rambut, kondisi kesehatan dan alergi, sebelum mencoba bahan alami yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba, Teman Sehat!

Cara Mengatasi Rambut Rontok obat rambut rontok penumbuh rambut rontok