19 Obat Panas Dalam Alami yang Aman Digunakan 2019

15 views

Murahmeriah.net – Hampir semua orang pernah mengalami panas dalam, namun tidak semuanya memahami dengan jelas apa yang dimaksud dengan panas dalam. Menurut dunia medis, panas dalam bukanlah suatu penyakit melainkan sebuah gejala yang melibatkan saluran mulut hingga ke dada. Lantas, adakah cara mengobati panas dalam secara alami yang aman digunakan? Simak penjelasan lengkap obat panas dalam alami di bawah ini.

Apa Itu Panas Dalam?

Hingga saat ini masih banyak orang salah sangka mengenai panas dalam, sebagian besar masyarakat mengira bahwa kondisi ini adalah flu. Panas dalam adalah rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan. Nyeri di tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling umum dari panas dalam.

Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi atau oleh faktor lingkungan seperti udara kering. Meskipun sakit tenggorokan bisa terasa tidak nyaman, biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Perlu diketahui, radang tenggorokan dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bagian tenggorokan yang terpengaruh, antara lain:

  • Faringitis, memengaruhi area tepat di belakang mulut.
  • Tonsilitis, pembengkakan dan kemerahan pada amandel, jaringan lunak di belakang mulut.
  • Laringitis, pembengkakan dan kemerahan kotak suara, atau laring.

Gejala sakit tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkannya. Sakit tenggorokan bisa terasa:

  • Kering.
  • Terasa terbakar.
  • Iritasi.
  • Gatal.

Kondisi akan lebih menyakitkan saat Anda menelan atau berbicara. Tenggorokan atau amandel mungkin juga terlihat merah. Terkadang, bercak putih atau area nanah akan terbentuk di amandel. Bercak putih ini lebih umum di radang tenggorokan daripada di sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus.

Seiring dengan sakit tenggorokan, Anda dapat memiliki gejala seperti:

  • Hidung tersumbat.
  • Hidung beringus.
  • Bersin.
  • Batuk.
  • Demam.
  • Panas dingin.
  • Pembengkakan kelenjar di leher.
  • Suara serak.
  • Pegal-pegal.
  • Sakit kepala.
  • Kesulitan menelan.
  • Kehilangan nafsu makan.

Panas dalam juga sebenarnya merupakan gabungan dari asam lambung yang naik ke tenggorokan, sistem imun yang lemah sehingga memungkinkan terjadi sariawan. Selain itu, defisiensi vitamin C dan kurangnya cairan memainkan peran penting dalam panas dalam.

Obat Panas Dalam Alami

Seperti penjelasan sebelumnya, istilah panas dalam sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis. Istilah ini berkembang untuk menggambarkan kondisi tubuh seperti infeksi ringan, dehidrasi, dan kurang istirahat. Panas dalam sendiri biasanya ditandai dengan gejala seperti sariawan, bibir kering, sakit tenggorokan, dan bau mulut.

Berikut ini adalah beberapa obat panas dalam alami yang dipercaya mengatasi masalah di tenggorokan atau rongga mulut, di antaranya:

1. Madu

Cara mengobati panas dalam secara alami yang pertama adalah menggunakan madu. Madu bisa dicampur dalam teh atau dikonsumsi langsung untuk mengatasi sakit tenggorokan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa madu lebih efektif dalam mengurangi batuk malam hari. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa madu dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Air Garam

Obat panas dalam alami berikutnya yang bisa Anda coba adalah air garam. Cobalah berkumur dengan air garam hangat untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, memecah sekresi, dan membantu perkembangan bakteri di tenggorokan.

Cara membuat air garam yaitu dengan menuangkan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Guna mendapatkan hasil yang terbaik, cara mengobati panas dalam secara alami ini baik dilakukan setiap hari.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile dipercaya memiliki kemampuan untuk menenangkan sakit tenggorokan. Teh ini sering digunakan karena memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringent.

Beberapa studi menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile dapat juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

4. Peppermint

Peppermint dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan napas. Semprotan minyak peppermint encer bisa meredakan sakit tenggorokan. Obat panas dalam alami ini mengandung mentol yang membantu mengencerkan lendir, meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong penyembuhan.

Jangan pernah menggunakan minyak Peppermint tanpa mencampurkannya dengan minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa. Cara mengonsumsinya, campurkan lima tetes minyak Peppermint dengan minyak campuran. Hindari untuk mengonsumsi minyak esensial tanpa campuran minyak lain.

5. Akar Marshmallow

Akar marshmallow mengandung zat mirip lendir yang melapisi dan meredakan sakit tenggorokan. Cukup tambahkan beberapa akar ke dalam secangkir air mendidih untuk saat membuat teh. Menghirup uap panas dari ramuan ini dua hingga tiga kali sehari dapat membantu meringankan sakit tenggorokan.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah penderita diabetes harus berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi akar marshmallow. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa zat yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah.

6. Akar Licorice

Akar licorice telah lama digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Sebuah penelitian mengungkapkan, berkumur dengan air rebusan akar licorice efektif untuk mengatasi masalah tenggorokan. Meski efektif sebagai obat panas dalam alami, wanita hamil dan menyusui harus menghindari metode ini.

7. Slippery Elm

Seperti akar marshmallow, slippery elm memiliki zat seperti lendir di dalamnya. Ketika dicampur dengan air, gel licin yang dihasilkannya akan melapisi dan menenangkan tenggorokan. Cara mengolahnya, Anda bisa merebus kemudian meminum air rebusannya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi slippery elm dalam bentuk tablet isap. Meski slippery elm telah lama digunakan sebagai obat panas dalam alami, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

10. Cuka Sari Apel

Obat panas dalam alami lainnya yang bisa digunakan adalah cuka sari apel. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa efek antimikroba di dalamnya mampu melawan infeksi. Selain itu, karena sifatnya yang sama, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Cara penggunaannya, tuangkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dalam satu satu cangkir air. Cobalah untuk berkumur dengan cairan ini, kemudian minumlah sedikit dan ulangai metode ini satu atau dua kali per jam.

Selain dengan cara di atas, obat panas dalam alami ini bisa digunakan dengan banyak cara tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan sensitivitas tubuh terhadap cuka. Jika Anda ragu untuk mengonsumsinya, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

11. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa organosulfur yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi. Menambahkan bawang putih ke dalam diet adalah cara untuk memperkuat sifat antimikroba di dalam tubuh.

12. Lemon

Lemon adalah salah satu buah untuk panas dalam yang baik untuk dikonsumsi. Seperti air garam dan madu, lemon sangat bagus untuk sakit tenggorokan karena dapat membantu memecah lendir dan mengurangi rasa sakit.

Terlebih lagi, lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberi lebih banyak kekuatan untuk melawan infeksi.

13. Cabai Rawit

Sering digunakan sebagai pereda nyeri, cabai rawit mengandung capsaicin, senyawa alami yang dikenal untuk memblokir reseptor rasa sakit.

Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, konsumsi cabai dicampur dengan air hangat dan madu dapat membantu meredakan rasa sakit untuk sakit tenggorokan. Saat Anda menggunakan obat panas dalam alami ini, rasa terbakar pada mulut gejala yang umum terjadi.

Meski begitu, cabai rawit tidak boleh dikonsumsi jika Anda memiliki luka terbuka di mulut. Karena bisa menimbulkan sensasi panas di mulut, mulailah dengan beberapa tetes saus pedas atau taburan bubuk cabai rawit.

14. Teh Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan—sehingga menjadi obat panas dalam alami.

Sebuah studi menemukan bahwa ketika jahe diaplikasikan pada seseorang yang memiliki infeksi saluran pernapasan, jahe mampu menghilangkan beberapa bakteri yang bertanggung jawab atas penyakit tersebut.

15. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah makanan serbaguna dengan berbagai manfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, minyak kelapa dapat membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan, dan menghilangkan rasa sakit.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat menjadi obat panas dalam alami karena kemampuannya untuk melumasi selaput lendir di tenggorokan.

Perlu diketahui, karena minyak kelapa memiliki efek pencahar, membatasi konsumsi 2 sendok makan (30 ml) per hari adalah langkah terbaik. Jika Anda belum pernah mencoba minyak kelapa, mulailah minum 1 sendok teh (5 ml) untuk meminimalkan potensi efek samping.

16. Kayu Manis

Rempah lainnya yang bisa digunakan sebagai obat panas dalam alami adalah kayu manis. Kayu manis tinggi antioksidan sehingga memiliki sifat antibakteri yang ampuh untuk mengatasi flu atau sakit tenggorokan. Anda bisa menambahkan kayu manis ke ramuan herbal lainnya. Susu almond dengan kayu manis mungkin bisa Anda coba mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

17. Fenugreek

Fenugreek memiliki banyak manfaat kesehatan. Anda bisa mengonsumsi biji fenugreek, menggunakan minyak topikal atau minum teh fenugreek. Teh fenugreek sendiri adalah obat panas dalam alami. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa fenugreek bisa menghilangkan rasa sakit dan membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi atau peradangan.

Selain itu, fenugreek juga merupakan antijamur yang efektif. Jika Anda sedang hamil, konsumsi fenugreek sebaiknya dihindari.

18. Konsumsi Banyak Cairan

Ketika tenggorokan Anda sakit, hal termudah yang bisa lakukan adalah minum banyak cairan. Minum banyak cairan adalah obat panas dalam alami yang paling aman.

Selain itu, cairan juga bisa didapatkan lewat sup. Sup adalah obat panas dalam alami yang cukup populer di masyarakat. Sup adalah makanan yang memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak cairan saat sakit. Cara mengobati panas dalam secara alami ini menjadi penting untuk menjaga agar selaput lendir tenggorokan tetap terhidrasi.

Meski aktivitas menelan mungkin membuat tidak nyaman, minum banyak air pada akhirnya akan membuat tenggorokan Anda terasa lebih baik.

19. Hindari Paparan Asap

Cara mengobati panas dalam secara alami berikutnya yang mudah dilakukan adalah menghindari penyebabnya. Beberapa hal yang bisa membuat rasa tidak nyaman pada tenggorokan adalah asap kendaraan dan asap rokok. Gunakan masker jika keadaan mengharuskan Anda terpapar banyak asap.

Obat Panas Dalam Medis

Setelah Anda mengetahui berbagai obat panas dalam alami seperti di atas, hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan obat-obat medis, terutama jika panas dalam berlangsung lebih dari lima hari.

Guna meringankan rasa sakit dan demam dari panas dalam, banyak orang beralih ke acetaminophen atau ibuprofen

Jangan pernah memberikan aspirin kepada anak-anak atau remaja karena telah dikaitkan dengan sindrom Reye, suatu kondisi yang jarang namun berpotensi mengancam jiwa karena menyebabkan pembengkakan di hati dan otak.

Berikut ini adalah beberapa obat panas dalam medis lainnya yang bisa digunakan, di antaranya:

1. Antibiotik

Jika panas dalam disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik. Konsumsi antibiotik sesuai resep yang diberikan dokter bahkan jika gejalanya hilang. Jika Anda tidak patuh untuk mengonsumsi obat sesuai anjuran, hal itu bisa mengakibatkan infeksi semakin memburuk atau menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Tidak menghabiskan antibiotik penuh untuk mengobati radang tenggorokan dapat meningkatkan risiko demam rematik pada anak atau peradangan ginjal yang serius.

2. Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID)

Obat ini membantu meredakan radang dan sakit tenggorokan. Obat ini juga tidak menyebabkan perut terasa sakit. Terdapat dua jenis NSAID yang umum adalah ibuprofen dan aspirin.

3. Semprotan

Semprotan lidocaine dan obat-obatan mati rasa lainnya yang disemprotkan ke tenggorokan telah terbukti efektif mengurangi rasa sakit tenggorokan.

4.Obat Pelega Tenggorokan

Obat pelega tenggorokan yang mengandung lidocaine atau jenis obat mati rasa lainnya juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

5. Obatan-obatan untuk Asam Lambung

Selain infeksi, penyebab panas dalam juga bisa disebabkan oleh asam lambung. Obat-obatan yang mengurangi asam lambung dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh GERD. Obat-obatan itu termasuk:

  • Antacids seperti Tums, Rolaids, Maalox, dan Mylanta untuk menetralkan asam lambung.
  • H2 blocker seperti cimetidine (Tagamet HB), famotidine (Pepcid AC), dan ranitidine (Zantac) untuk mengurangi produksi asam lambung.
  • Proton pump inhibitors (PPI) seperti lansoprazole (Prevacid 24) dan omeprazole (Prilosec, Zegerid OTC) untuk memblokir produksi asam.

Mencegah Panas Dalam

Salah satu cara termudah untuk mencegah paparan kuman yang menyebabkan sakit tenggorokan adalah dengan mencuci tangan dengan rutin. Jika Anda tidak sempat cuci tangan, pembersih tangan berbasis alkohol bisa digunakan.

Selain itu, hindari berdekatan dengan orang sakit dan berbagi barang pribadi dengan siapapun. Pertahankan daya tahan tubuh dengan asupan gizi yang baik, tidur cukup, dan rutin berolahraga. Hindari makanan-makanan yang sulit ditelan, konsumsi sup atau makanan lunak sampai sakit di tenggorokan hilang.

Beberapa pakar juga menyarankan untuk menghindari makananan bersantan, pedas, dan minuman berkafein. Konsumsi cukup cairan dan hindari konsumsi daging merah seperti kambing untuk sementara waktu.

Jika beberapa obat panas dalam alami maupun obat tanpa resep sudah dicoba untuk mengatasi masalah tenggorokan namun rasa sakit masih terjadi—atau justru disertai dengan demam, kedinginan, kesulitan menelan, dan ketidakmampuan minum cairan, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, karena kondisi ini ini bisa menjadi pertanda penyakit yang lebih serius.

Untungnya, terdapat banyak langkah yang dapat diambil untuk menenangkan sakit tenggorokan dan mendorong penyembuhannya. Pastikan Anda mengunjungi dokter jika sakit tenggorokan berlangsung lebih dari beberapa hari atau sangat menyakitkan.

Nyeri hebat atau persisten dapat mengindikasikan radang tenggorokan, radang amandel atau infeksi serius lainnya yang memerlukan perawatan medis

Meski begitu, 90% dari semua sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus hilang dalam waktu seminggu. Jika sakit tenggorokan berlangsung lebih dari seminggu, Anda harus mencari intervensi medis.

Obat Panas Dalam Obat Panas Dalam Alami