8 Pelembab Wajah Alami Paling Ampuh dan Praktis 2019

18 views

Murahmeriah.net – Salah satu indikator kulit yang sehat adalah kulit yang terjaga kelembabannya. Tahukah Anda jika kulit yang kering akan lebih rentan terhadap iritasi dan masalah kulit lainnya? Menjaga kelembaban kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan menggunakan pelembab wajah alami. Ini berbagai pelembab wajah alami yang bisa Anda coba di rumah!

Pelembab Wajah Alami

Kulit mungkin saja membutuhkan pelembab agar tetap terjaga kelembabannya. Bahkan bukan hanya kulit kering saja, kulit berminyak sekalipun tetap membutuhkan pelembab. Selain menggunakan produk skin care untuk melembabkan, Anda juga dapat mencoba bahan alami untuk melembabkan kulit, lho!

Berikut adalah 10 pelembab wajah alami terbaik untuk mendapatkan kulit yang lembab dan sehat!

1. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Salah satu manfaat madu adalah tentu saja dapat membantu melembabkan kulit. Madu juga memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Hal ini yang membuat madu sering direkomendasikan untuk mengatasi masalah jerawat. Madu juga kaya antioksidan yang sangat baik untuk kulit.

Cara pertama menggunakan madu untuk wajah adalah dengan mengoleskan madu ke seluruh wajah yang telah dibasahi, kemudian bersihkan dengan menggunakan handuk hangat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan madu sebagai masker wajah dengan cara mengoleskan madu ke seluruh wajah, lalu diamkan selama 10 menit sebelum kemudian dibilas menggunakan air hangat.

2. Lidah Buaya

Bahan alami yang dapat dijadikan pelembab wajah alami selanjutnya adalah lidah buaya.

Tanaman yang sering ditemukan di pekarangan ini memiliki kadar air tinggi sehingga sangat mudah menyerap di kulit. Lidah buaya juga mengandung vitamin A, C, E, dan vitamin B12 sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Selain terbukti melembabkan kulit, lidah buaya juga dapat menenangkan kulit dengan sifat antiinflamasinya. Lidah buaya dapat menjadi pilihan tepat sebagai pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam.

Cara menggunakan lidah buaya adalah dengan memotongnya lalu mengaplikasikan gelnya ke seluruh wajah. Anda dapat mendiamkannya selama beberapa menit atau menjadikannya sebagai sleeping mask dan baru dibilas pada pagi harinya setelah bangun tidur.

3. Alpukat

Alpukat ternyata tidak hanya dapat menjadi sumber lemak baik bagi tubuh, tapi dapat juga dijadikan sebagai pelembab wajah alami.

Alpukat kaya akan mineral, protein, dan vitamin yang dapat menutrisi kulit. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa minyak alpukat terbukti meningkatkan sintesis kolagen. Lemak sehat pada alpukat sangat baik untuk dijadikan pelembab wajah untuk kulit kering.

Anda dapat membuat masker wajah dari buah alpukat yang dihancurkan atau dapat juga menggunakan minyak alpukat. Masker alpukat dapat dicampurkan dengan bahan lain seperti madu atau yogurt, sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda.

4. Minyak Zaitun

Beberapa jenis minyak alami juga dapat dijadikan pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam.

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E, polifenol, dan fitosterol yang dapat membantu melembabkan kulit. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun juga dipercaya dapat membantu mengurangi kerusakan pada kulit dan juga rambut.

Minyak zaitun dapat dijadikan sebagai penghapus make up yang sangat ampuh. Sedangkan untuk menjaga kelembaban kulit, Anda dapat menjadikannya sebagai masker wajah dan bisa juga diaplikasikan ke seluruh tubuh jika dibutuhkan.

5. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, jenis minyak lain yang dapat dijadikan pelembab wajah alami adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang memiliki sifat antibakteri dan juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Minyak kelapa merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal dan dianggap mudah menyerap di kulit.

Minyak kelapa aman untuk digunakan pada kulit kering, bahkan yang rentan terhadap eksim. Namun penggunaannya pada beberapa jenis kulit juga berpotensi menyebabkan komedo.

6. Shea Butter

Shea butter yang kaya akan trigliserida dapat menjadi emolien yang baik untuk kulit dan mencegah kulit kehilangan kelembabannya.

Shea butter juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang sangat baik untuk kulit. Shea butter dapat dijadikan sebagai produk perawatan kulit wajah, bibir, hingga tubuh.

7. Timun

Pelembab wajah alami selanjutnya adalah timun.

Kadar air yang tinggi dalam timun membuat timun dapat membantu kulit terhidrasi dengan baik. Timun juga dipercaya dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan pada kulit.

Anda dapat membuat masker timun dengan cara dihancurkan dan diaplikasikan langsung ke kulit wajah. Diamkan beberapa menit sebelum kemudian di bilas. Anda juga dapat menempelkan irisan timun di kedua mata untuk menyegarkan area di sekitar mata.

8. Yogurt

Produk susu fermentasi mengandung asam laktat yang dapat mengeksfoliasi dan menghidrasi kulit.

Penelitian juga menunjukkan bahwa masker yogurt alami dapat meningkatkan kelembaban, elastisitas, serta kecerahan kulit. Pilihan yogurt terbaik untuk dijadikan masker wajah adalah yogurt alami yang tidak memiliki kandungan gula di dalamnya.

Tips Memilih Pelembab Wajah Alami

Sebelumnya sudah disinggung bahwa baik kulit kering maupun berminyak membutuhkan pelembab. Semua bahan alami di atas relatif aman untuk digunakan oleh kulit kering. Namun apabila kulit Anda berminyak, sebaiknya hindari pelembab dengan bahan dasar minyak.

Pelembab wajah alami dengan kadar air tinggi seperti timun atau lidah buaya adalah jenis yang aman hampir di semua jenis kulit. Pastikan Anda memilih pelembab sesuai dengan jenis kulit agar tidak memperburuk kondisi kulit.

Penggunaan bahan alami bisa menimbulkan efek samping seperti alergi. Apabila bahan alami yang digunakan menimbulkan masalah seperti ruam dan gatal di wajah, sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan beralih ke bahan alami lain yang cocok untuk kulit Anda.

Pelembab Wajah Pelembab Wajah Alami